6 Usaha yang Harus Kamu Lakukan Sebelum UN Datang

Sebentar lagi ujian nasional. Seperti biasa, setiap menjelang ujian nasional, pasti sering timbul fenomena-fenomena unik yang biasanya muncul dari tiap siswa. Yang tadinya jutek, jadi murah senyum. Yang tadinya jajan di kantin kalo beli 5 donat bayarnya 2 donat, jadi beli 5 tapi bayarnya 7. Dan yang paling keliatan dari semua itu adalah, yang tadinya jarang solat, pasti jadi rajin solat. Ya, itu semua mereka lakuin agar bisa lancar saat mengerjakan soal UN.

Naaaah, buat kamu kamu yang sebentar lagi UN, kami punya tips nih apa aja usaha yang harus kamu lakuin menjelang UN. Ya, ini semua biar ujian kalian jadi makin lancar… car… car… car… meski nggak punya pacar.

Berkelakuan Baik di Depan Guru

Doa orang tua adalah doa yang paling manjur. Nah, buat kalian yang sering diomelin sama guru, terutama guru piket, mulai dari sekarang mending cepetan deh minta maap sama mereka. Terus baik-baikin.

Bukannya apa, kalau mereka ternyata punya rasa sakit hati ke kalian, yang ada kalian malah disumpahin biar nggak lulus. Kan serem kalau ternyata beneran terkabul.

Baik-Baikin Temen yang Pinter

Kita semua pasti punya temen yang kalau ditanya bisa apa nggak, jawabnya nggak bisa, tapi, pas diliat ternyata hasilnya paling bagus. Ya, temen pinter… tapi pelit.

Biasanya, temen dengan tipe yang di atas ini emang tipe temen yang paling sering dijauhin. Soalnya pelit. Tapi, menjelang UN ada baiknya temen kayak gini kalian baik-baikin aja deh. Bebas mau gimana caranya. Mau bawain dia makanan tiap hari kek, nebengin dia pulang kek, selipin iPhone ke kantong dia kek, pokoknya bebas. Karena, kalau kepepet, ya temen yang pinter inilah yang bisa ngebantu kalian.

Semakin Solid Sama Geng

Buat kalian yang punya geng di sekolah, menjelang UN ada baiknya pertemanan kalian harus makin diperkuat. Harus makin solid. Beuuh, bener nih, kalau kalian makin solid, nanti pas UN bagi-bagi contekannya jadi makin enak. Contekannya jadi bisa terdistribusi dengan baik ke temen-temen satu angkatan.

Kan siapa tau aja, abis UN nanti ada penghargaan Pemberi Contekan Terbaik dari Dinas Pendidikan. Terus karena kompak, jadi kalian deh yang menang. Horeee!

Jalin Relasi Sama Sekolah Lain 

Dari tahun ke tahun, contekan UN antar sekolah biasanya beda-beda. Ada yang 90 persen bener, ada yang 80 persen, malah ada juga yang contekannya full salah semua. Jadi banyak yang nggak lulus.

Naaaaah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kalian menjalin relasi yang baik dengan anak-anak sekolah yang lain. Dengan begitu, kalian jadi bisa tukeran jawaban deh.

Yaaaa, itung-itung sebagai bahan pembanding jawaban gitu deeeh.

Demo Penghapusan UN

Kalau diamati, ujian nasional ini sering dipolitisasi sama pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sering dijadikan lahan korupsi. Dan lagipula, ujian nasional ini tidak dapat mengukur kepintaran atau tidaknya si siswa tersebut. Jadi, rasanya sia-sia kalau diadain. Kecuali, kalau memang nilai UN dijadikan sebagai syarat buat masuk universitas.

Naaaaaah, sebelum usaha di poin-poin atas kamu lakuin, kamu lakuin dulu demo rame-rame di depan Dinas Pendidikan. Kalau berhasil, bagus. Kalau nggak, yaudah. Gitu.

Belajar

Kalau mau lulus, ya belajar.

Sumber : www.nyunyu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s